Menggapai Asa bersama LPDP

lpdp1-1Hello kawan,Maaf nih baru sempat nulis article lagi,maklum lagi Sok sibuk..hehe.okay,pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan gambaran keteman-teman yang mempunyai keinginan kuat untuk lanjut ke Program Masternya atau S2. Katanya untuk lanjut itu butuh dana yang besar hingga tidak sedikit yang mengurungkan niatnya untuk bertarung dikancah yang lebih tinggi lagi dari jenjang pendidikan sebelumnya. Sayapun mengamini hal itu, Maklum kan saya juga dari kalangan yang sama, sama-sama Mahasiswa Indomie.heheh

Namun ini bicara prespektif kalau pada awalnya dalam setiap individu manusia berpikir bahwa suatu hal itu sulit dan tak mungkin untuk diraih maka itulah yang akan terjadi. Karna pada dasarnya masalah itu berawal dari Pola Pikir manusia. So, Just Make it Simple. Hidup itu Susah Bro tapi lebih Susah lagi ngak bisa Hidup. Ckckc.

Pada zaman Sekarang ini Peluang untuk lanjut sangatlah terbuka lebar dengan di sediakannya beasiswa dari dalam maupun luar negeri dan mungkin belum ada yang bisa menghitung seberapa banyak beasiswa S1 maupun S2 di Dunia ini. Sebut saja yang lagi populer saat ini di indonesia bagi para pemburu beasiswa, LPDP dan PMDSU. Keduanya menyediakan dana bagi mereka yang mau melanjutkan studinya ke jenjang Magister dan Doktor dengan menanggung kebutuhan-kebutuhan pada Perkuliahan nantinya.

Namun saya akan fokus pada Beasiswa yang saat ini Alhamdulillah telah saya raih, yakni LPDP. Lulus pada tahap wawancara itu, ibarat orang lagi di tepi jurang tinggal sejengkal lagi bakalan jatuh, tiba-tiba ada Superman datang menolong, Rasanya tuh menegangkan tapi alhamdulillah Bisa Selamat, makasih Superman. Hehe. Benar saja, dari sekian ribu orang yang mendaftar bisa menjadi salah satu yang diloloskan itu SESUATU banget, meskipun yah kayaknya itu faktor lucky dan doa Ibu J.

LPDP mempunyai beberapa Tahap Seleksi Administrasi dan Seleksi wawancara ( interview, Writing on the Spot dan LGD ) Setelah dinyatakan diterima maka akan mengikuti Program Persiapan Keberangkatan (PK) baru di nyatakan Resmi sebagai Penerima Beasiswa LPDP, atau Awardee. Jujur saya belum Ikut PK, Tapi insya allah dalam waktu dekat. Point pentingnya adalah bahwa Peluang sudah ada, tinggal alat tempurnya saja yang perlu di persiapkan bukan Cuma dari segi berkas, namun mentalitas itu sangat penting. Ingat ini beasiswa yang mencari Para calon pemimpin masa depan, bukan para pengikut, sehingga sangat disarankan untuk mempunyai visi dan misi dalam mewujudkan perubahan di Indonesia/daerah, ibaratnya Punya Program lah biar terlihat kalau kita adalah orang yang tepat.

Saat itu saya mengikuti test wawancara di kota makassar bersama beberapa teman seperjuangan dari palu. Kami melakukan persiapan yang cukup matang sebelum bertempur. Belajar kelompok, Koreksi essay sampai pada latihan wawancara adalah aktivitas kami disetiap minggunya dan tak jarang saling memberi support satu sama lain, karena kami sadar betul bahwa menjadi Awardee itu Susah susah gampang, tidak boleh terlalu santai namun jangan juga terlalu tegang, take it easy gitu. jadi Rindu team 5 ransel.hehe

kami berangkat naik Bus, katanya biar ada kebersamaan sehingga biar Makanpun diirit bahkan Indomie tetap menjadi kawan yang setia setiap saat. Bukan masalah tidak ada uang ( padahal emang iyah 😀 ) tapi inilah perjuangan harus dibuat sedramatisir mungkin siapa tahu aja diangkat kelayar lebar oleh hanung bramantyo, Penjual bakso dekat kampus saya. Hahaha.kok jadi ngelantur kemana-mana. Oh iyah pada saat wawancara itu ibaratnya Sakaratul maut udah dekat, keringat membasahi seluruh ruangan bahkan ada yang histeris nangis habis wawancara, tidak tahu apa yang terjadi. Apakah dianya yang lebay ataukah emang suasananya yang Horor? Namun prediksi saya, Sayanya yang Lebay. Karena memang pada saat itu orang yang vocal bicarapun harus berulang-ulang kali memperbaiki tata bahasanya agar terlihat santun dari sang interviewer. Belum lagi yang mau ambil Jurusan ke Luar Negeri (LN) mesti siap ditanya full 100% bahasa Inggris. Bukan mau menakuti teman-teman namun itulah kenyataannya. Saya hanya berpesan bahwa tidak ada yang tidak mungkin karena hidup itu mistery, tidak ada yang bisa mengclaim dirinya lebih baik dari yang lain karena semuanya masih meraba, ketika jawabannya terungkap barulah kita sadar bahwa Hasil tak berbanding terbalik usahanya. So, the thing that you should have is a confidence because there is no body who can help you to reach your dream except yourself and your God. You just strongly believe if you are a reasonable man to get everything that you really want.

Masalah Tips and Steps untuk Ngurus Lpdp akan di posting selanjutnya, untuk saat ini cukup sampai disini. Kirimkan pertanyaan di Fiki.ferainto@gmail.com atau pada Kolom Komentar dibawah. See u on the top.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s