Tips Berkunjung Kekampung Inggris,Pare,Kediri.

3419471937_9b15765527

Berkunjung Kekampung Inggris,Pare : oleh Fiki Ferianto

Zaman yang bergerak maju dengan pesatnya disetiap Kehidupan memaksa manusia harus mampu berevolusi menyesuaikan dengan kemajuan tersebut. Tak hanya prestasi namun skill juga menjadi sebuat hal yang wajib dimiliki.

Pada awal tahun 2015 muncul isu baru yang kemudian menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat. Yah AFTA ( Asossiation Free Trade Area ) dan MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN )adalah kebijakan yang telah dibuat antara seluruh Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, 22 tahun yang lalu tepatnya di Singapore dengan Memberikan peluang sebesar besarnya kepada masyarakat ASEAN untuk berkompetisi satu sama lain.

Pertanyaan kemudian muncul, bagaimana mau bersaing kalau ngomong aja ngak bisa, gimana mau bangun komunikasi dengan baik kalau bahasa asing saja masih terbata-bata, gimana mau lanjut study keluar Negeri kalau bisanya Yes NO doank. It’s impossible. Nah bagi teman-teman yang udah sadar mau memperbaiki bahasa asingnya khususnya bahasa inggris, maka tepat sekali pada tulisan kali ini saya akan mendescribe sedikit tentang hal-hal yang perlu diketahui sebelum kalian berniat melancong ke Pare kampung inggris, tempat ribuan orang dari penjuru negeri berkumpul bersama berbagi pengalaman dan motivasi untuk meningkatkan kualitas bahasa asing mereka.

So, tanpa banyak basa basi lagi mari kita mulai. ada beberapa Hal yang perlu diketahui teman-teman dalam memulai Trip ini yakni :

  1. Pare adalah nama salah satu daerah kecamatan yang ada di kabupaten Kediri jawa timur. Dan merupakan daerah yang cukup menunjang kemajuan kota yang terkenal dengan ikon Simpang lima gumul atau biasa dikenal SLG yang menyerupai tugu arc de triompe di Prancis tersebut.
  2. Di kecamatan pare terdapat 2 desa yang menjadi lokasi tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yakni desa tulungrejo dan Pelem. Dengan jumlah kurang lebih 150 kursusan yang tersebar dipenjuru desa.
  3. Berbagai macam program yang ditawarkan di kampung inggris ini diantaranya 4 komponen bahasa ( Speaking, Listening, Writing dan Reading ), Grammar, Pronunciation,Teofl, IELTS dll.
  4. Nah yang perlu teman-teman tahu bahwa disana bukan hanya bahasa inggris saja, namun juga tersedia bahasa asing lainnya yang tak kala popular seperti Arab, Korea, Mandarin, Japan Dll.
  5. Periode pembelajaran akan dimulai 2 minggu sekali pada tanggal 10 dan 25 setiap bulannya, jadi daftarlah sebelum tanggal tersebut disetiap lembaga kursusnya.
  6. Mengenai harga, untuk setiap lembaga kursus berfariasi mulai dari 40 ribuan sampai 1 jutaan tergantung program yang diambil.
  7. Ada beberapa lembaga yang menyediakan paket 3-4 bulanan dengan biaya 3 jutaan+ asrama dan ketentuan berlaku.
  8. anda juga bisa mengunjungi langsung website dari masing-masing kursusan yang kalian inginkan.

Nah ketika teman-teman udah berada dikampung inggris perlu diketahui juga bahwa :

  1. Bila anda memilih untuk tinggal diasrama maka English area will become your daily activities, jadi ngak ada lagi bahasa selain bahasa inggris, nah keuntungannya anda akan cepat meningkatkan kualitas bahasanya.
  2. Urusan kendaraan, anda bisa menggunakan sepeda sebagai sahabat sejati disana karena harganya relative murah mulai dari 40-150 ribu/bulan tergantung tipe.
  3. Masalah lambung juga ngak perlu khawatir, cocoklah untuk kantong seorang pelajar yang lagi merantau. Cuma memang kurang pedas disini.hehe
  4. Diakhir periode anda bisa membuat plan tersendiri bersama teman untuk menjelajahi semua tempat wisata yang ada disana. Seperti kota batu malang yang hanya 2 jam dari Pare, Bromo,Pulau sempu bahkan Semeru dan sebagainya tapi jangan lupa tujuan utamanya. BELAJAR.
  5. Jika anda focus maka 3 bulan adalah waktu yang cukup untuk meningkatkan kualitas englishmu especially for speaking, meskipun itu juga tergantung individu masing-masing. Semuakan tergantung dari seberapa keras mereka berusaha.

Sekarang gimana nih caranya biar sampai dengan selamat ke kampong Inggris.

  1. Jika anda menggunakan pesawat maka bandara juanda adalah persinggahan pertama kalian, setibanya bisa langsung memilih transportasi umum Seperti Damri Tujuan Terminal bungurasih Surabaya, carilah bus arah pare biasanya BUS Harapan Jaya dengan harga berkisar 30ribuan.
  2. Jika kalian menggunakan kereta maka station Kediri dan jombang adalah tempat pemberhentian kalian, bisa langsung menggunakan kendaraan umum seperti Bus, Angkot dan Ojek dengan harga tak lebih dari 40ribu rupiah.
  3. anda juga bisa mengunjungi http://www.visitpare.com/  pada kolom info rute

Itu dia sedikit gambaran mengenai kondisi Kampung Inggris Pare, yang perlu kita pahami adalah jika hendak menjadi orang hebat maka kuasailah bahasa karena itu merupakn kunci sebuah komunikasi. Perbaiki niat karena ketika kalian sampai disana akan banyak hal yang akan menguji seberapa tangguh teman-teman.

Sekian dari saya, terimakasih banyak telah singgah diblog saya jika ada kesalahan dalam hal penulisan dan informasi mohon masukannya melalui kolom komentar atau langsung kirim ke email fiki.ferianto@gmail.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s