Perbedaan BPI (LPDP) kategori Beasiswa Master dan Doktor & Beasiswa Afirmasi

lpdp1-1

Perbedaan BPI (LPDP) kategori Beasiswa Master dan Doktor & Beasiswa Afirmasioleh Fiki Ferianto

Sebagian besar pelajar ingin tetap menjaga mimpinya untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi dari tahap mereka saat itu, dari mungkin SMA ke bangku kuliah atau dari Strata satu (S1) ke program master bahkan mungkin juga pada jenjang Doktor. Ada beberapa yang memilih untuk tetap belajar di Indonesia sebagai ladang pencarian ilmu mereka namun tak sedikit pula yang memilih berlabu dinegara-negara maju lainnya, dengan alasan ingin mendapatkan pengalaman dan pembelajaran lebih dari negera tersebut.

Dalam era modern ini, segala sesuatunya dapat dilakukan dengan begitu mudah dan cepat dan mungkin juga murah tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Kalau dahulu banyak yang berpikir bahwa melanjutkan sekolah itu perlu dana yang tak sedikit sehingga membuat mereka mengurungkan niatnya untuk melanjutkan pendidikan, maka hari ini lain cerita. Beasiswa yang tersebesar dimana mana untuk semua jenjang pendidikan memudahkan kita untuk tetap menjaga semangat optimisme dalam menggapai mimpi-mimpi itu tadi.

Diindonesia sendiri berbagai macam beasiswa yang ditawarkan sebut saja Beasiswa Bidikmisi yang lagi top untuk  jenjang pendidikan S1 dan masih banyak bisa di check( http://www.informasibeasiswas1.com/ ), sementara untuk jenjang S2 adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang dikelolah oleh LPDP (http://www.lpdp.depkeu.go.id/) menawarkan berbagai macam kategori diantaranya ; Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa Tesis dan Desertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Spesialis Kedokteran dan yang terakhir  Presidential Scholarship sehingga peluang untuk kuliah itu telah terbuka lebar didepan mata , tinggal kemauan dan niatlah menjadi penentu segalanya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit Perbedaan antara Beasiswa Magister dan Doktor dengan Beasiswa Afirmasi LPDP.

Pada dasarnya keduanya merupakan beasiswa yang sama sama ditawarkan bagi mereka yang hendak melanjutkan Studi kejenjang Magister dan Doktor hanya saja ada perbedaan mendasar dalam hal persyaratan yang terapkan oleh LPDP kepada setiap calon pelamar

  1. Untuk Magister dan Doktor atau sering disebut jalur Reguler kesempatannya dibuka untuk Semua golongan masyarakat umum meskipun ada beberapa kriteria atau syarat yang telah ditetapkan oleh LPDP.
  2. Sementara Beasiswa Afirmasi mempunyai pengkhususan tersendiri yakni hanya ditujukan kepada mereka yang termasuk kedalam kategori Wilayah 3T ( Tertinggal, Terdalam, Terluar ) ,Alumni Mahasiswa Bidikmisi atau kelompok masyarakat berprestasi dari keluarga miskin yang memiliki IPK Minimal 3,50, serta Kelompok masyarakat yang telah berjasa membawa nama bangsa Indonesia dalam bidang olah raga dan seni budaya baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Kemudian dalam hal persyaratan yang membedakan yakni kalau pada Beasiswa Magister dan Doktor Wajib Memiliki Skor Toefl 500 untuk dalam Negeri dan 550 untuk luar negeri serta Skor IELTS 6.0 untuk dalam negeri dan 6.5 untuk keluar negeri, Sementara untuk Beasiswa Afirmasi batas Skor Toefl Minimal 400 untuk program Magister dan 450 untuk program Doktor dalam dan Luar Negeri.
  4. Bersedia membuat dan mengirimkan laporan perkembangan studi setiap semester dan dikirim setiap akhir semester untuk Beasiswa Afirmasi;
  5. Khusus untuk Afirmasi kategori Alumni bidikmisi dan masyarakat berprestasi dgn IPK 3.5 terdapat penambahan berkas yakni melampirkan KK terbaru, Surat Keterangan Kurang Mampu, Slip Gaji, dan Rekening Listrik 3 bulan terakhir.
  6. Beasiswa Magister dan Doktor dibuka sepanjang tahun sebanyak 4 kali, Sementara untuk Beasiswa Afirmasi hanya dibuka Sekali dalam setahun.
  7. Penerima Beasiswa Afirmasi setelah dinyatakan Lulus maka akan mendapatkan program pelatihan/pengembangan bahasa asing yang akan difasilitasi oleh pihak LPDP.

Perlu diketahui bahwa dalam Beasiswa ini tidak ada kuota yang dibatasi sehingga siapa saja berpeluang untuk menerima dan mendapat gelar Awarde dari LPDP, Yang perlu kita lakukan hanyalah melayakkan diri untuk dapat lolos disetiap seleksinya. Tetap semangat dan jangan berputus asa, percaya pada mimpimu maka ia akan datang padamu.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan informasi didalamnya, saya sangat terbuka dengan kritikan dan masukannya untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Olehnya saya menunggu pesan teman-teman dikolom komentar atau mengirim langsung ke email saya fiki.ferianto@gmail,.com . Thanks for viting my blog.

Advertisements

5 thoughts on “Perbedaan BPI (LPDP) kategori Beasiswa Master dan Doktor & Beasiswa Afirmasi

  1. Kalau misalnya saya penerima bidikmisi tapi ipk saya kurang dari 3.5
    itu masih boleh daftar Lpdp kak? kalau iya jalur mana kak? jalur reguler kah?
    terimakasih kak…

    Like

    • hallo Rani,
      benar sekali, masih ada beberapa kategori lain yang bisa km ambl, misalnya kategori reguler dengan IPK Min 3.00 atau bisa juga kalau km berasal dari daerah tertinggal yg IPKnya cuma 2.75 dan toefl 400. saran saya coba km baca di website resmi LPDP untuk lebih jelasnya. Tetap Semangat Rani.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s